1.15.2011

Masuk Rumah Sendiri Bagaikan Maling

Postingan ini masih dari salah satu cerita di blog friendster gue dulu. Kira-kira kejadiannya masih saat remaja labil, SMA. Kayanya saat itu gue masih muda dan lincah. (Sekarang udah lumayan tua kayanya). Jadi gue masih mau-mau aja melakukan hal ini. Ga mikir-mikir banyak. Kalo sekarang sih gue males banget, ga lagi melakukan hal-hal aneh demi bisa latian futsal.

Masih dengan edit-edit sana-sini, untuk memperbaiki bahasa namun tidak menghilangkan ciri khas gue saat itu. Kira-kira begini judulnya....

MASUK RUMAH SENDIRI BAGAIKAN MALING




hari itu..
hyuuuh….
hari yang sangat melelahkan dan memalukan…
bayangkan ya teman-teman…

“Bu aku pulang duluan deh ya, soalnya besok siang aku ada latian POFTA… mana latian fisik lagi.. oke..”

Gue di ijinin sama nyokap buat pulang duluan dari Bekasi, kita abis liburan disana. Nginep di rumah bude gue. Sekalian halal bi halal dengan sodara-sodara gue yang tinggal di seputaran Bekasi. Setelah di ijinin, gue tidur. Soalnya besok gw harus bangun pagi buat pulang balik ke rumah. Nyokap gw baru mau pulang sore dari Bekasi, soalnya nungguin ade gue balik ke rumah bude gue, karena si ade nginep di rumah tante gue. Ribet amat ya.

Gue bangun pagi, terus bareng sama kakak sepupu gue yang mau berangkat interview. Gue di anterin sampe tol jatibening, terus gue naik bis AJA jurusan Bekasi-Tangerang. Waktu gue masuk bis itu, langsung, senggggg…. bau banget!! bau keringet, kentut, jiggong, apa lah.. campur-campur disitu, namanya juga bis antar kota gitu, pasti bau banget. Padahal AC. Gue udah eneg, pusing!! males banget!! mana sempet ada bapak-bapak marah-marah. Gara-gara dia ga sempet turun di tempat gue naik tadi. Dia marah-marah, terus bilang...

si bapak: suruh berhenti sopirnya…
istrinya: ga bisa pak, lagi di tol gini..
si bapak: terus kita turun dimana??!!
istrinya: menggeleng
si bapak: kalo ga mau berhenti gorok aja lehernya!!!

Terus si bapak maju ke depan sopir… gue dan penumpang belakang ngeliatin si bapak, takut dia macem-macem. Bisa gawat tuh sopir bis kalo mpe di gorok di tengah tol, yang mati bukan cuma si sopir.

Kita menunggu apa yang akan terjadi. Istri bapak itu juga cuma ngeliyatin bukannya mencegah. Terus si bapak mulai marah-marah sama kondektur bisnya. Wah, gue lupa dia bilang apa. Cuma sepertinya si kondektur menjelaskan ke pada si bapak itu, kalo bis akan berhenti di pancoran. Si bapak marah-marah. Terus dia balik lagi ke tempat duduknya yang persis di depan gw. Untung dia ga jadi gorok si sopir. (tapi ya kali juga, kalo beneran akal sehatnya dimana). Duh, lagiyan ya, kenapa dia ga turun sih tadi. Yang namanya juga bis kalo berhenti kan ga berhenti beneran, pasti sambil jalan dikit-dikit dan penumpang harus sigap dan cepet bagi yang mau turun dan naik. Salah sendiri dia lemot. Kampungan sih.. (kayanya tu bapak-bapak mau bis dari kampung gitu. soalnya dia pake bahasa jawa pinggiran gitu, mungkin dia ga kenal kota kita ini yang selalu dibalap oleh waktu… (lebay).

Akhirnya si bapak turun dari bis di pancoran.

Waktu sampe slipi, gue baru inget!! Gue ga bawa kunci rumah!! mati gue!! gimana nih. Gue lupa ngambil kunci di tas nyokap tadi.. mampus!

Langsung cek tas, siapa tau bawa kunci serep lain. Ternyata gue ga bawa! duh bingung. gimana gue masuk kerumah nanti. masa gue harus nungguin nyokap gue yang sore baru pulang. Wah, sama aja gue ga bisa latian ini mah ntar siang. Yah elah!!

Mungkin Tuhan bisa bantu gue, siapa tau aja ada jalan lain. Kali nyokap nitip ke tetangga kunci serep lain,  yang penting sampe dulu lah di rumah. Masa gw mesti balik lagi ke Bekasi sih.

Sampe rumah, gue cengo, gue tanya ke tetangga sebelah gue soal kunci itu. ternyata nyokap ga nitip juga. Gimana coba. Gua cari di pot, di balik keset, di dalam sepatu, didalam celah ventilasi, tong sampah, dalam kursi bambu.. ga da juga!! dan gue cuma duduk di teras.. mikir gimana caranya bisa masuk. Gue ambil peniti dan jepitan rambut, gue mencoba mencongkel-congkel lobang konci yang orang-orang lakukan di TV-TV itu.. dan cuma orang goblog aja yang ngelakuin apa yang TV tanyangkan itu. NIHIL lah, mana bisa gue!! gue Gek pintu pager pembatas halaman depan dan belakang. di kunci juga. gw inget tu pintu gue yang kunci, cuma slot doang sih. Ga ada celah buat nerobos atau nyelip dikit aja buat manjat atau nyodok-nyodok tu pager. Bingung.

Jam 9 pagi gue cengo.

Gimana nih, mana laper lagi, haus pula. Gue sms ade. Dia cuma bilang “SUKURIN LO”… taeee sial. Dia bilang, ”Gue baru pulang ntar sore, lo kemana kek, jalan-jalan ke lippo, sms, laper ya lo makan di sono, nge-net kek, ngapain kek”
akhhHHH TAEEEEE, gue capek sial!!

Akhirnya gue coba sekali berpikir...
“CRING!” gue susun bangku bambu yang ada di teras. gue taro di depan pager pembatas, gue ambil sapu, naik bangku. Tangan gue ga nyampe buat menggapai bagian atasnya. Bangkunya kurang tinggi. Dan hei, orang-orang berseliweran ngeliatin gue. Anjrit maluuuu banget!! Tetangga belakang gue juga cengar-cengir ngeliatin, dari tingkat atas rumahnya. Mungkin aksi gue ini berisik banget, bunyi pager di sodok-sodok.. ”deng..deng..krek..krek..”

Gue cuma senyum-senyum aja. Turun dan bersikap ga jelas, salah tingkah. Terus gue sembunyi di balik pohon belimbing. Setelah keadaan jalanan sepi dan tetangga belakang gue udah masuk kerumahnya, saatnya beaksi lagi. Sekarang gue susun meja bambu di atas kursi. Ini meja lebih kecil dari kursinya. Gue susun sedemikian rupa dan akhirnya cukup tinggi. Akhirnya gue bisa menggapai bagian atasnya. Cuma gue bingung naiknya, mau manjat, tapi jeans yang gw pake ketat banget.

Akhirnya gue berhasil berada di tempat tinggi itu. Gw udah siap megang sapu. Tapi tangan gue tetep ga nyampe, akhirnya gw maksa-jinjit-jinjit-celingak-celinguk. Takut ada yang liat, ntar gue malu lagi. Terus gue berpegangan sama pager bagian atas kaki gue udah ga berpijak lagi sama susunan bangku-meja, kaki gue udah melayang. Gue menahan beban berat badan gue. Huuft, untung berat badan gue turun 2 kilo. Gue udah kaya spider-woman nih. Gw sodok-sodok slot di balik pager. Pake sapu. Tapi tu slot ga mau ngebuka, terus gue liat ada galah kait di gantung di deket pager itu. Gue raih dengan susah payah. HAP! weits dengan lincah gue naikin badan gue sedikit. Kaki gue manjat-manjat pager tanpa celah --“jedeng-jedeng”-- pintu pager udah bunyi berisik banget! Sekarang bodo amat deh orang lewat, ngetawain, ngeliati,, yang penting gw bisa masuk rumah!!
Gue tarik slot pake pengait, dengan sabar dan sudah capek banget nahan beban badan, slot sedikit-sedikit mulai terbuka…
"Ayo ratri.. Ayo jangan nyerah. Dikit lagi-dikit lagi masuk rumah!" --ceekiiit..cekiiit..cekit..-- slotnya terbuka, pintu pager langsung kebuka daaaaan gue langsung jatoh!

"ADUHHHH!!!"

Untung masih tanah halaman gue, tanahnya empuk soalnya masih basah sama air hujan tadi malem sepertinya. Celana gue kotor dan kaki gue senut-senut, langsung berdiri. Seneng banget bisa berhasil menjebol dengan susah payah. Gue loncat-loncat, jingkrak-jingkrak. Joget keberhasilan ala ratri, goyang pantat, goyang kepala, goyang-goyang, puter tangan ala john travolta taun 80-an itu. Sumpah gue ga boong, gue melakukan tarian kemenangan ala gue.. bener-bener seneng banget soalnya. Lagiyan gw pikir ga da yang liat gitu, bodo amat deh!

Ternyata gue salah besar… tetangga belakang gue itu ternyata melihat semua kronologis kejadia dan dia ketawa-ketawa dari atas dan bilang, “Seneng ya!!! huahahaha!!”. Sumpah, malu semalunya didepan cowo tukang intip itu. Tu cowo emang kebiasaan suka ngintipin aktivitas keluarga gue di halaman belakang. Suka nanya-nanya sok deket kalo gue lagi ngerjain project-project kesenian dibelakang rumah. Dia nanya-nanya dari tingkat atas rumahnya.

Gue langsung diem ngeliatin dia. Gue langsung buka paksa jendela belakang yang slot jendelanya emang udah somplak BRAK.. kayu slotnya jebol dan gw langsung manjat masuk. Anjrit gw malu… TAIIIIIKKK! Bodo lah. Gue langsung cari kunci serep di laci dan buka pintu utama. Buka gorden dan jendela biar udara masuk, dan akhirnya… 

Gue bisa MASUK RUMAH… dengan ala MALING kelas teri…

Buat yang pengen tau kaya apa Joget John Travolta itu, bisa liat disini nih.. Taun 70-80an lah. Ngehip banget saat itu.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar